Olimpiade Sains Nasional Bidang Kebumian: Eksperimen Pencairan Es di Kutub

By Web Admin 06 Jul 2019, 11:04:40 WIBTeknologi

Berita Terkait

Olimpiade Sains Nasional Bidang Kebumian: Eksperimen Pencairan Es di Kutub

Jakarta, Kemendikbud --- Ujian praktikum dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) selalu menjadi hal yang menarik untuk diamati. Setiap bidang lomba memiliki bidang keilmuan dengan ciri khas yang beragam. Misalnya bidang lomba kebumian yang ujiannya mencakup materi geologi, meteorologi, oseanografi, dan astronomi. Dalam ujian praktikum materi meteorologi, peserta melakukan sebuah eksperimen atau simulasi mencairnya es di Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Juri OSN 2019 bidang lomba Kebumian, Zadrach L Dupe mengatakan, dalam ujian praktikum meteorologi, peserta melakukan simulasi untuk mencari tahu apa yang akan terjadi jika es di Kutub Utara dan Es di Kutub Selatan mencair, serta dampaknya terhadap ketinggian permukaan laut. Mereka diberikan dua buah gelas ukur berisi air panas dengan volume 250 ml dan diberikan es batu.

“Mereka harus mengukur volume es. Kemudian kondisinya pada gelas pertama, esnya sudah berada di dalam air dengan jumlah volume air 250 ml, kemudian mengamati apa yang terjadi kalau esnya mencair. Lalu pada gelas kedua yang berisi air panas 250 ml, baru kita masukkan es, seolah-olah esnya seperti es yang di Kutub Selatan, di atas daratan. Kenapa pakai air panas? Supaya proses mencairnya cepat,” jelas Zadrach di SMA Lokon St. Nikolaus, Tomohon, Sulawesi Utara, Selasa (2/7/2019).

Untuk melakukan eksperimen ini, peserta diberikan waktu selama 15 menit untuk berpikir dan menuliskan hasil pengamatannya. “Kalau durasi tesnya sendiri mungkin dalam waktu satu atau dua menit bisa selesai karena cuma menunggu esnya mencair. Karena kita menggunakan air panas jadi bisa cepat,” ujar Zadrach yang bersama timnya sudah melakukan percobaa